Kitab Akhlakul Banin

Kitab Akhlakul Banin adalah sebuah kitab yang membahas tentang etika dan budi pekerti Islam bagi anak-anak, khususnya anak laki-laki. Kitab ini ditulis oleh Syeikh Umar bin Ahmad Baradja, seorang ulama besar yang berasal dari Jawa Timur. Kitab ini sangat populer di kalangan pesantren dan madrasah, karena menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Kitab ini mengajarkan tentang bagaimana seorang anak harus beradab kepada Allah, Rasulullah, orang tua, guru, saudara, tetangga, dan semua orang. Kitab ini juga memberikan contoh-contoh kisah dan nasihat yang bermanfaat untuk membentuk akhlak yang mulia.
Berikut adalah beberapa penjelasan tentang isi kitab Akhlakul Banin:

Kitab ini terdiri dari dua jilid, yang masing-masing memiliki tujuh bab. Jilid pertama membahas tentang akhlak kepada Allah dan Rasulullah, sedangkan jilid kedua membahas tentang akhlak kepada orang lain.

1. Bab pertama jilid pertama membahas tentang tauhid, yaitu mengesakan Allah dan mengikrarkan bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Bab ini juga menjelaskan tentang sifat-sifat Allah yang harus diketahui dan diimani oleh setiap muslim.

2. Bab kedua jilid pertama membahas tentang sholat, yaitu ibadah yang paling utama dan paling banyak manfaatnya bagi seorang muslim. Bab ini juga menjelaskan tentang syarat-syarat, rukun-rukun, sunnah-sunnah, dan hal-hal yang membatalkan sholat.

3. Bab ketiga jilid pertama membahas tentang puasa, yaitu menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Bab ini juga menjelaskan tentang hikmah, keutamaan, syarat-syarat, rukun-rukun, dan hal-hal yang membatalkan puasa.

4. Bab keempat jilid pertama membahas tentang zakat, yaitu mengeluarkan sebagian harta yang telah mencapai nisab dan haul untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Bab ini juga menjelaskan tentang hikmah, keutamaan, syarat-syarat, rukun-rukun, nisab, haul, dan golongan-golongan yang berhak menerima zakat.

5. Bab kelima jilid pertama membahas tentang haji, yaitu berkunjung ke Baitullah di Makkah untuk melaksanakan ibadah yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasulullah. Bab ini juga menjelaskan tentang hikmah, keutamaan, syarat-syarat, rukun-rukun, wajib-wajib, sunnah-sunnah, dan hal-hal yang dilarang dalam haji.

6. Bab keenam jilid pertama membahas tentang jihad, yaitu berjuang di jalan Allah dengan harta, jiwa, dan lisan. Bab ini juga menjelaskan tentang hikmah, keutamaan, syarat-syarat, rukun-rukun, dan hal-hal yang diperintahkan dan dilarang dalam jihad.

7. Bab ketujuh jilid pertama membahas tentang ilmu, yaitu pengetahuan yang berasal dari Allah dan Rasulullah yang bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat. Bab ini juga menjelaskan tentang hikmah, keutamaan, syarat-syarat, rukun-rukun, dan hal-hal yang wajib dan sunnah dalam menuntut ilmu.

Adapun jilid kedua menerangkan sebagai berikut : 

1. Bab pertama jilid kedua membahas tentang akhlak kepada orang tua, yaitu bersikap hormat, taat, sayang, dan berbakti kepada kedua orang tua. Bab ini juga menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban orang tua dan anak, serta hal-hal yang menyenangkan dan menyakiti hati orang tua.

2. Bab kedua jilid kedua membahas tentang akhlak kepada guru, yaitu bersikap hormat, taat, sayang, dan berterima kasih kepada guru yang mengajarkan ilmu. Bab ini juga menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban guru dan murid, serta hal-hal yang menyenangkan dan menyakiti hati guru.

3. Bab ketiga jilid kedua membahas tentang akhlak kepada saudara, yaitu bersikap adil, saling menyayangi, tolong-menolong, dan berbuat baik kepada saudara kandung, saudara sepersusuan, saudara seagama, dan saudara sebangsa. Bab ini juga menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban saudara, serta hal-hal yang menyatukan dan memecah belah persaudaraan.

4. Bab keempat jilid kedua membahas tentang akhlak kepada tetangga, yaitu bersikap ramah, sopan, saling menghormati, dan berbuat baik kepada tetangga yang tinggal di sekitar rumah. Bab ini juga menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban tetangga, serta hal-hal yang menyenangkan dan menyakiti hati tetangga.

5. Bab kelima jilid kedua membahas tentang akhlak kepada teman, yaitu bersikap jujur, setia, saling menasehati, dan berbuat baik kepada teman yang bersahabat. Bab ini juga menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban teman, serta hal-hal yang mempererat dan merusak persahabatan.

6. Bab keenam jilid kedua membahas tentang akhlak kepada musuh, yaitu bersikap sabar, adil, tidak dendam, dan berbuat baik kepada musuh yang bermusuhan. Bab ini juga menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban musuh, serta hal-hal yang memadamkan dan memicu permusuhan.

7. Bab ketujuh jilid kedua membahas tentang akhlak kepada masyarakat, yaitu bersikap sopan, santun, saling menghargai, dan berbuat baik kepada semua orang yang hidup di masyarakat. Bab ini juga menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban masyarakat, serta hal-hal yang membawa manfaat dan mudarat bagi masyarakat.

Demikianlah penjelasan singkat tentang kitab Akhlakul Banin. Semoga Anda dapat mempelajari dan mengamalkan isi kitab ini dengan baik.

link download.
jilid 1 disini
jilid 2 disini

Beli kitabnya klik link dibawah
Lazada klik disini